Awal mula berdiri, Fakultas Sains dan Teknologi memiliki nama Fakultas Teknik, Ilmu Komputer dan Agroteknologi (FTIKA). Pada bulan September 2018, melalui SK Rektor No.36/SK/RRR/9/2018 nama fakultas berubah menjadi Fakultas Sains dan Teknologi (F. SAINTEK). F. SAINTEK sendiri mengelola 5 Program Studi Sarjana yaitu: S1 Agroteknologi, S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Mesin, dan S1 Teknik Informatika. Setalah berubah nama menjadi Fakultas Sains dan Teknologi, fakultas melakukan evaluasi dan perubahan terhadap visi, misi, tujuan, dan sasaran. Perubahan ini disusun berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang. Perubahan visi, misi, tujuan dan sasaran dilakukan untuk mengakomodasi pandangan seluruh program studi dengan tetap mengacu pada visi, misi, tujuan dan sasaran Unira Malang secara keseluruhan. Adapun mekanisme penyusunan visi misi sasaran dan tujuan fakultas melalui beberapa tahapan sebagai berikut:

  1. Fakultas membentuk Tim Perumusan Visi dan Misi Fakultas melalui SK Dekan No. 01.01/SK/F.SAINTEK/UIRR/B/IX/2018 yang terdiri atas unsur pimpinan (Dekan,  Wakil Dekan dan Ketua Prodi), Sekretaris fakultas, Gugus Jaminan Mutu (GJM) dan Tenaga pendidik (Dosen).
    1. Tim yang dibentuk kemudian melakukan koordinasi dan diskusi secara komprehensif untuk menghasilkan draft visi, misi, tujuan, dan sasaran fakultas. Dalam koordinasi tersebut, tim melakukan evaluasi terhadap kondisi dan kebutuhan internal maupun eksternal fakultas (analisis SWOT), serta paradigma pendidikan di masa depan. Draft visi, misi, tujuan, dan sasaran fakultas yang telah disusun kemudian dikonsultasikan ke pihak pimpinan Universitas untuk mendapatkan masukan dan saran perbaikan.
    1. Draft visi, misi, tujuan, dan sasaran fakultas yang sudah diperbaiki, dipertimbangkan dan disetujui oleh senat fakultas melalui rapat pertimbangan/persetujuan yang tertuang dalam berita acara No. BA.25/Senat/F.SAINTEK/UIRR/X/2018.
    1. Draft visi, misi, tujuan, dan sasaran yang telah disetujui oleh senat Fakultas selanjutnya ditetapkan melalui SK Dekan No. 01.11.01/SK/F.SAINTEK/UIRR/B/X/2018 dan disosialisasikan ke seluruh pihak baik secara internal maupun eksternal.