Program Studi S-1 Teknik Elektro (PS TE) Universitas Islam Raden Rahmat merupakan salah satu program studi bidang eksak yang dibawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi. PS TE mendapatkan SK pendirian dan ijin operasional nomor 188/E/O/2014 pada tanggal 8 Juli 2014. Bersamaan dengan SK perubahan STAI Raden Rahmat menjadi Universitas Islam Raden Rahmat yang merupakan naungan Yayasan Perguruan Tinggi Islam Raden Rahmat. Alamat kantor PS TE berada pada Jl. Raya Mojosari No. 2, Kepanjen – Kabupaten Malang, Jawa Timur. Program Studi S-1 Teknik Elektro (PS TE) Universitas Islam Raden Rahmat telah terakreditasi C berdasarkan keputusan BAN PT no.1847/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019.

Visi
Menjadi Program Studi yang Berorientasi Pada Green Technology dan Berdaya Saing Nasional, Dijiwai Nilai-Nilai Khayra Ummah Pada Tahun 2029.

Misi

  1. Melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan bidang teknik elektro yang memiliki kemantapan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan professional.
  2. Mengembangkan riset dalam bidang sains dan teknologi yang ramah lingkungan serta dapat dimanfaatkan bagi kepentingan bangsa dan kemanusiaan.
  3. Menjalin kerjasama dengan mitra-mitra lain pada tingkat nasional.

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Sikap
    • Mampu menunjukkan sikap religius dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
    • Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
    • Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    • Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
    • Mampu bekerja sarna dan rnenunjukkan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap rnasyarakat dan lingkungan;
    • Mampu menunjukkan penghargaan terhadap keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    • Mampu menunjukkan ketaatan hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    • Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    • Mampu menunjukkan internalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    • Mampu menunjukkan intemalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. Pengetahuan
    • Kemampuan mendapatkan dan menerapkan pengetahuan matematika level universitas termasuk kalkulus integral¬ diferensial, aljabar tinier, variable kompleks, serta probabilitas dan statistik
    • Kemampuan menerapkan pengetahuan dan praktikum fisika dan sains dasar lain yang sesuai dengan nama program studi
    • Kemampuan menerapkan pengetahuan komputasi yang diperlukan untuk menganalisa dan merancang divais atau sistem kompleks
    • Kemampuan menerapkan pengetahuan inti (core knowledge) bidang teknik elektro termasuk rangkaian elektrik, sistem dan sinyal, sistem digital, elektromagnetik, dan elektronika
    • Kemampuan menerapkan pengetahuan keluasan (breadth knowledge) yang mencakup sejumlah topik kerekayasaan yang sesuai dengan nama program studi
    • Kemampuan menerapkan setidaknya satu bidang pengetahuan kedalaman (depth knowledge) yang sesuai dengan nama program studi
    • Kemampuan menerapkan dan keterampilan yang diperoleh dari perkuliahan sebelumnya dalam kegiatan desain rekayasa.
  3. Keterampilan Umum
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
    • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahli annya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
    • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
    • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
    • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
    • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  4. Keterampilan Khusus
    • Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/ atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip
    • Kemampuan mendesain komponen, sistem dan atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan didalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/ atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
    • Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/ atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik.
    • Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik.
    • Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modem yang diperlukan untuk praktek keteknikan.
    • Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan
    • Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas didalam batasan-batasan yang ada secara sistematis
    • Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
    • Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik.
    • Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kontemporer yang relevan.