Agroteknologi merupakan salah satu program studi di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Program Studi Agroteknologi merupakan program studi yang berfokus pada penguasaan kompetensi lulusan dalam bidang produksi tanaman yang produktif, berkualitas, dan efisien, dengan menerapkan pengelolaan tanaman (genetika, fisiologi, pemuliaan, perbenihan, produksi tanaman, dll), lahan/media tanam (evaluasi lahan, kesuburan dan nutrisi tanaman, pemupukan, mikrobiologi, dll), hama-penyakit-gulma dan agro-ekosistem yang terpadu dan lestari (ramah lingkungan dan berkelanjutan) guna menghasilkan produk yang aman dan sesuai dengan keinginan konsumen/pengguna serta memiliki nilai tambah dan berdaya saing. Program Studi Agroteknologi juga berupaya untuk berkontribusi secara nyata di era industri 4.0 dalam mengatasi beragam permasalahan dalam bidang pertanian-pangan-hortikultura, perbenihan dan perkebunan sehingga mampu menghasilkan produk unggulan.
 Program Studi Agroteknologi UNIRA Malang telah mengimplementasikan kurikulum berbasis capaian pembelajaran (learning outcomes), yaitu Kurikulum Pendidikan Tinggi 2016 yang berorientasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dengan metode pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student-centred learning/SCL). Jenis metode pembelajaran yang sering digunakan dalam metode pembelajaran SCL ini antara lain: praktikum (laboratorium dan lapangan)/project-based learning), diskusi kelompok/small-group discussion, problem-based learning, role play and simulation, research-based learning, guna menyusun makalah individu/kelompok, essay, laporan dan lain-lain.
 Gelar yang diperoleh oleh para lulusan adalah Sarjana Pertanian (S.P.).

Visi
Menjadi Program Studi yang unggul, kompetitif dan global pada tahun 2036 dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu pertanian yang berwawasan lingkungan dalam mewujudkan khayra ummah.

Misi

  1. Mengembangkan riset dalam bidang pertanian yang berwawasan lingkungan.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pertanian yang berwawasan lingkungan bagi pemberdayaan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan dan menerapkan pendidikan Islam ahlussunnah waljama’ah dalam mewujudkan Khayra Ummah dalam pengembangan ilmu pertanian.

Profil Lulusan

 Penentuan profil lulusan Program Studi Agroteknologi di Indonesia telah ditetapkan dalam Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian (FKPTPI), melalui serangkaian program pendidikan akademik dan non akademik maka Lulusan Program Studi adalah seorang ahli di bidang Agroteknologi (teknologi produksi dan pengolahan hasil pertanian selaras lingkungan) yang memiliki profil sebagai:

  1. Petani handal di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian. Termasuk ke dalam kelompok ini adalah wirausahawan (entrepreneur) yang bergerak di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian.
  2. Pendidik/Penyuluh/Pemberdaya Masyarakat adalah yang meliputi: dosen di perguruan tinggi penyelenggaran pendidikan pertanian, widyaiswara, dan guru sekolah kejuruan bidang pertanian, penyuluh dan pemberdaya masyarakat bidang masyarakat.
  3. Peneliti yang bekerja di lingkup pertanian, baik di lembaga-lembaga litbang pertanian, pusat pusat penelitian/pusat-pusat kajian pertanian, balai-balai penelitian, dan perguruan tinggi penyelenggaran pendidikan pertanian.
  4. Pelaku bisnis pertanian adalah pelaku bisnis pertanian ataupun yang mendukung bidang pertanian.
  5. Manajer dari suatu usaha/bisnis di bidang pertanian atau bidang lain yang mendukung bidang pertanian. Termasuk ke dalam kelompok ini adalah perencana, penyelenggara, penggerak, dan pengendali (mengacu kepada prinsip-prinsip manajemen: PDCA) dari suatu kegiatan pertanian atau kegiatan yang berkaitan dengan pertanian.

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Sikap
    • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
    • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
    • Mampu mengimplementasikan nilai-nilai ahlussunnah waljama’ah dan Khayra Ummah.
    • Mampu bersikap objektif, independen serta menjunjung tinggi etika profesi.
  2. Pengetahuan
    • Menguasai pengetahuan dan teknologi produksi tanaman yang efektif (dari pra-produksi, produksi, panen hingga pasca panen) dalam sistem pertanian berkelanjutan untuk mendukung perancangan, pengelolaan, dan penerapan bisnis pertanian serta mampu menyelesaikan masalah pertanian berkelanjutan yang berbasis ilmu dengan metode penelitian yang benar dan tepat guna.
    • Menguasai pengetahuan umum tentang prinsip-prinsip kepemimpinan, komunikasi, dan manajemen sumberdaya lahan, manusia, dan lingkungan sehingga mampu mengimplementasikan dalam dunia kerja.
    • Menguasai konsep teoritis secara umum dan prinsip-prinsip pengelolaan organisme pengganggu tanaman terpadu, ilmu pemuliaan tanaman, dan pengelolaan sumber daya lahan dan hayati.
    • Menguasai metodologi penelitian meliputi perancangan percobaan, metode survei, dan metode statistika dalam analisis data.
    • Menguasai konsep teoritis tentang ilmu dan teknologi tanaman, ilmu dan teknologi media tanam, ilmu dan teknologi lingkungan, dan teknologi produksi tanaman bekelanjutan.
  3. Keterampilan Umum
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
    • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
    • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
    • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
    • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
    • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  4. Keterampilan Khusus
    • Mampu menerapkan teknologi produksi tanaman yang berorientasi pada peningkatan, efesiensi, kualitas, dan keberlanjutan produksi yang dilandasi pada penguasaan ilmu dasar agronomi, pemuliaan tanaman, perlindungan tanaman, ilmu tanah, dan sosial ekonomi pertanian yang sesuai dengan GAP (Good Agricultural Practices).
    • Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan mencari solusi pemecahan masalah dalam teknologi produksi tanaman dalam sistem pertanian berkelanjutan berdasarkan analisis informasi dan data.
    • Mampu merencanakan, merancang, melaksanakan dan mengevaluasi teknologi produksi tanaman yang efektif dan produktif, dan mampu mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama dalam tim yang multidisiplin serta mampu bertanggungjawab terhadap pencapaian hasil kerja organisasi.
    • Mampu mengimplementasikan dan mengembangkan usaha inovatif bidang teknologi produksi tanaman dalam pertanian berkelanjutan dan mampu mengkomunikasikan serta menjalin kerjasama secara efektif dengan mengikuti etika bisnis.
    • Mampu merencanakan, merancang, mengimplementasikan, mengembangkan dan mengevaluasi teknologi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan (green technology).